Wednesday 6 January 2016

Tidak ikut Asuransi Pertanian, Rugi Ditanggung Sendiri


KABAR BERITA JOMBANG : Sekitar 1.070 hektar lahan pertanian yang ada di Kabupaten Jombang mengalami  kerusakan akibat banjir yang  menerjang. Banyak petani mengalami kerugian hingga puluhan juta.
Kondisi ini, diperparah lagi banyak petani belum seluruhnya ikut dalam program asuransi pertanian. Data Dinas Pertanian Kabupaten Jombang setidaknya ada 9 kecamatan yang para petaninya belum mengikutkan lahan pertaniannya untuk diasuransikan.
“Mekanisme untuk mengikutkan lahan pertanianya pada asuransi sangatlah mudah,” kata Kepala Dinas Pertanian Hadi Purwantoro.
Tak hanya itu, biaya premi yang harus dibayar juga disubsidi dari pemerintahan pusat. ”Biaya premi sebenarnya sangat murah, seban 80 persen dari biaya tersebut suda di subsidi pemerintah pusat, dan mekanisme untuk mengikuti asuransi tersebut juga sangat mudah bagi petani,” ujarnya.
Lebih lanjut Hadi menjelaskan, biaya untuk mengikuti asuransi per hektar hanya sekitar 180 ribu dan itupun disubsidi oleh pemerintah pusat sekitar 144 ribu. Artinya petani setiap kali ikut dalam asuransi hanya membayar premi sekitar 36 ribu. ”Mekanisme untuk mengikuti asuransi hanya setiap kali musim tanam, seperti tanaman padi, petani hanya membayar 3 bulan sekali setiap kali memasuki musim tanam. Jadi satu tahun petani hanya membayar 2 kali saja,” paparnya.
Dari data yang ada di dinas pertanian ada sekitar 2207,97 hektar lahan pertanian yang sudah mengikuti asuransi pertanian. ”Itupun dibagi dari 12 kecamatan seperti Kecamatan Bareng 4 hektar, Kesamben 9 hektar, Diwek 10 hektar, 9 hektar,Sumobito 77 hektar, Ploso 12 hektar, Jogoroto 231 hektar, Peterongan 132 hektar, Ngoro 361 hektar, Gudo 401 hektar dan yang paling luas berada di wilayah Kecamatan Mojowarno luasnya mencapai 506 hektar,” bebernya.
Namun yang menjadi kendala semakin meruginya petani disaat lahan pertanianya terkena bencana, karena mereka tidak mengikuti program tersebut. Sebab petani masih belum mengetahui manfaat dari  program tersebut sehingga apa yang mereka tetap mengalami kerugian di saat lahan pertanian mereka diterjang bencana seperti banjir kemarin. (berita metro)

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com