Tuesday 5 January 2016

Di Jombang, Sawah Kena Banjir Dapat Asuransi


KABAR BERITA JOMBANG : Banjir yang merendam sawah di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, mengakibatkan petani merugi hingga ratusan juta rupiah. Namun beberapa petani mendapat asuransi dari bencana tersebut.

Pemerintah pusat menggalang program asuransi pertanian. Tujuannya untuk melindungi petani yang sawahnya terdampak bencana, seperti banjir.

Tapi di Kabupaten Jombang, hanya 2.250 hektare sawah yang ter-cover asuransi. Sawah berlokasi di Kecamatan Gudo, Bareng, Mojowarno, Ngoro, Diwek, Peterongan, dan Kesamben. Sementara Jombang memiliki 21 kecamatan yang juga mengelola pertanian.

Misalnya Kecamatan Megaluh. Total luas lahan pertanian yang terendam banjir di kecamatan itu yaitu 280 hektare.

Kepala Dinas Pertanian Jombang, Hadi Purwantoro, mengatakan banyak petani di Jombang yang mengikuti program tersebut. Setiap kali tanam, petani membayar premi Rp180 ribu. Negara juga membantu pembayaran premi sebesar Rp144 ribu. Bila mengalami musibah, seperti banjir, petani mendapat ganti rugi Rp6 juta per hektare.

"Yang dapat asuransi ya yang lahannya rusak saja. Misalnya petani punya satu hektar namun terbagi menjadi beberapa petak, ketika yang kena banjir hanya beberapa petak saja dan tidak seluruhnya, maka asuransi berlaku untuk yang terkena banjir saja," pungkas Hadi.

Hadi mengatakan Dinas Pertanian Jombang masih mendata jumlah lahan yang terendam banjir. Sehingga pencairan dana asuransi belum dapat dilakukan.

Sejak akhir tahun 2015, hujan mengguyur wilayah Kabupaten Jombang mengakibatkan banjir di beberapa kawasan. Banjir merendam rumah dan sawah. Jalan yang menghubungkan Madiun-Jombang-Surabaya pun nyaris putus.Sumber (metrotvnews)

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com